Mengembalikan Grub yang Hilang

imam July 14, 2012 2

Assalamualaikum wr. wb..
wah ini merupakan postingan pertamaku di website Kolam, semoga postingan ini menjadi sebuah jalan pembuka untuk postingan-postinganku yg berikutnya.. hehe
oke, saya langsung saja, pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya yang terjadi beberapa bulan yang lalu (cukup lama sih hehe), pada saat itu laptop saya menggunakan single OS yaitu make Ubuntu 12.04 yang pada waktu itu lagi hangat-hangatnya (Baru release), setelah beberapa minggu make ubuntu, saya berniat untuk menginstall windows 7(Dual Boot) karena pada Ubuntu Modem saya tidak support.
nah setelah selesai Instalasi windows, masalah pun muncul. Pada saat booting, system langsung masuk ke yang windows tidak ada pilihan untuk memilih sytem Linux Ubuntuku, nah pada saat itu saya bingung+galau(hehe). muncul pertanyaan di benakku(haha maaf kata-katane abot). Kemana Ubuntu ku? apa kena format pas proses partisi windows? atau kemana?.
langsung saja pas itu saya ngubek-ngubek mbah Google, dan di salah satu forum (lupa aku namanya) saya menemukan solusi ini.

  1. Langkah pertama yang kita mesti lakukan, kita harus punya sebuah Live CD linux, dan Boot ke Live CD tersebut.
  2. Kita masuk ke Terminal dari Live CD tersebut, dan kita cek daftar partisi laptop kita dengan command  sudo fdisk -l . nah ntar disitu bakalan ditampilin tuh daftar dari partisi kita. Lihat di partisi manakah Ubuntu (Linux) kita berada, misalkan saja di /dev/sda5. Sedangkan partisi boot adalah biasanya pada partisi windows (ada tanda *), Sehingga kita hanya perlu membuat agar komputer boot ke partisi Linux.
  3. Kita mount direktori linux tadi pada direktori live cd.  sudo mount /dev/sda5 /media
  4. Jika sudah Sekarang kita bisa melakukan reinstall Grub ke hard disk (/dev/sda). dengan command “sudo grub-install –root-directory=/media /dev/sda” . jika dalam proses reinstall Grub diatas tidak menemukan error maka kita lanjut ke tahap selanjutnya.
  5. Ini merupakan Tahap akhir yaitu Reboot system kita dan Segera setelah masuk di desktop ubuntu masuk ke terminal, kemudian lakukan update-grub agar windows ke baca juga oleh Grub, dengan command “sudo update-grub” dan jreng-jreng akhirnya sekarang partisi windows dan Ubuntu kita sudah terbaca dan menu pilihan sytem operasi saat booting pun sudah muncul(Grub).. :)

 

Dan itulah sedikit informasi dan curhatan dari saya (hehe) untuk kritik dan sarannya silahkan komen yah…dan sebelumnya saya mohon maaf bila ada salah kata, saya hanyalah manusia biasa yang tak bisa lepas dari sifat salah..

2 Comments »

  1. lutpi August 16, 2012 at 7:31 am - Reply

    gan ..knpa grubnya sya ga’ muncul? Pdhalkan udh sya update

  2. imam August 16, 2012 at 3:37 pm - Reply

    itu yang di mount partisi linux udah bener gan? kalau langkah2 diatas udah sesuai urutan dan gak ada yang error pasti insyaalloh udah balik kog gan grubnya..

Leave A Response »